Saturday, November 20, 2010

Sosok Ayah Bagiku


Ayah ingin aku punya lebih banyak kesempatan daripada dirinya, menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung pada siapapun dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.


Ayah hanya menyuruhku mengerjakan pekerjaan yang aku sukai.

Ayah sering tidak ada di album foto keluarga, karena dia yang selalu memotret.

Ayah tidak suka meneteskan air mata …. ketika aku lahir dan dia mendengar aku menangis untuk pertama kalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya (ssst..tapi sekali lagi ini bukan menangis). Ketika aku masih kecil, ia bisa memelukku untuk mengusir rasa takutku…ketika aku mimpi akan dibunuh monster… tapi…..ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang malam, ketika panas badanku tidak kunjung turun

Ayah selalu tepat janji! Dia akan memegang janjinya untuk membantu seorang teman, meskipun ajakanku untuk pergi jalan-jalan sebenarnya lebih menyenangkan.

Ayah selalu sedikit sedih ketika melihat aku pergi bermain dengan teman-temanku. Karena dia sadar itu adalah akhir masa kecil aku.

Ayah membantu membuat impianku jadi kenyataan bahkan diapun bisa meyakinkanku untuk melakukan hal-hal yang mustahil, seperti mengapung di atas air ketika aku berenang

Ayah mungkin tidak tahu jawaban segala sesuatu, tapi ia membantu aku mencarinya.

Ayah mungkin tampak galak di mata temanku, tetapi di mataku dia tampak lucu dan menyayangi.

Ayah selalu senang membantuku menyelesaikan PR,

Ayah terlalu lama menunda untuk membawa mobil ke bengkel, karena ia merasa dapat memperbaiki sendiri segalanya.

Ayah mungkin tidak pernah menyentuh sapu ketika masih muda, tapi ia bisa belajar dengan cepat.

Ayah sangat senang kalau seluruh keluarga berkumpul untuk makan malam… walaupun harus makan dalam lauk yang seadanya.

Ayah akan memberiku tempat duduk terbaik dengan mengangkatmu dibahunya, ketika pandanganku terhalang oleh orang lain di depanku waktu melihat pawai

Ayah tidak akan memanjakanku ketika aku sakit, tapi ia tidak akan tidur semalaman. Siapa tahu aku membutuhkannya.

Ayah menganggap orang itu harus berdiri sendiri, jadi dia tidak mau memberitahuku apa yang harus aku lakukan, tapi ia akan menyatakan rasa tidak setujunya.

AYAH ITU MURAH HATI…..

Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang aku butuhkan…. .

Ia menghentikan apasaja yang sedang dikerjakannya, kalau aku ingin bicara…

Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp ku tiap semester, meskipun aku tidak pernah membantunya menghitung berapa banyak kerutan di dahinya….

Ayah akan berkata “tanyakan saja pada ibumu” ketika ia ingin berkata “tidak”.

Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika aku mulai berani berkata tidak jujur.

Ayah mengatakan “tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal aku sanggup kehilangan apa yang aku harapkan”

Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatku melakukan sesuatu persis seperti caranya….

Ayah lebih bangga pada prestasiku, daripada prestasinya sendiri….

Ayah hanya mnyalamiku erat ketika pertama kali aku harus pergi meningalkan rumah setalah aku menikah, karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah rela melepaskanku.

Ayah mengira seratus adalah tip..; Seribu adalah uang saku..; Gaji pertamamu terlalu besar untuknya…

ayah pernah berkata :” kalau kau ingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkwalitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. Begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu,jika kau ingin mendapatkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya”

Untuk masadepan anak lelakinya Ayah berpesan: “jadilah lebih kuat dan tegar daripadaku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik dari ibumu , berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku, daripada apa yang yang telah ku beri padamu”

Dan untuk masa depan anak gadisnya ayah berpesan: “jangan cengeng meski kau seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak! laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan Ayah, tapi jangan pernah kau gantikan posisi Ayah di hatimu”

Ayah bersikeras,bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik daripada dia dulu….

Ayah bisa membuatmu percaya diri… karena ia percaya padamu…

Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba melakukan yang terbaik….

Dan terpenting adalah… Ayah tidak pernah menghalangiku untuk mencintai Allah, bahkan dia akan membentangkan seribu jalan agar aku dapat menggapai cintaNya, karena diapun mencintaimu karena cintaNya.

Dan untuk semua yang sedang merindukan Ayah, ssssssssttt…!

Tau gak siii? Ternyata ayahku itu benar-benar MENAKJUBKAN

I Love You Ayah

No comments:

Post a Comment