Friday, January 20, 2012

Tariiikk...Tahaannn...Lepasss...Aaaahhhh..!!!

Tips sederhana untuk sembuh, sehat dan membangkitkan inner beauty

 

Jelas ini bukan penemuanku. Aku hanya ‘menemukan’ tips ini dalam salah satu bab disebuah buku.

Unlimited Power, buku karya Anthony Robbin,

ternyata tidak melulu bicara soal Neuro Lingusitic Programming dan segala sesuatu yang berkaitan dengan motivasi,

namun juga tentang kesehatan. Masuk akal memang, karena tanpa kesehatan, segala kesuksesan yang kita raih hampir tidak ada gunanya.

 

Yang unik, penemuan kecil-kecilan itu segera saja mendapat konfirmasi dari sebuah buku tentang pengobatan  tradisional China. Untuk yang satu ini aku lupa judulnya, yang jelas terbitan Erlangga. Lalu buku-buku lain menyusul, ditambah beberapa artikel di koran dan majalah. Kemudian keterangan lisan dari seorang profesor yang juga adalah dokter ayahku. Waktu itu ayahku menjadi pasiennya karena sempat mengidap kekentalan darah. Terakhir, artis senior Titiek Puspa, turut menguatkannya, dengan penuturan kesaksian pribadinya di televisi, ketika berobat kanker di salah satu Rumah Sakit di Singapura sana.

 

Dari sana aku menarik kesimpulan bahwa hampir sebagian besar penyakit yang kita derita terjadi karena dua hal.

Pertama, karena terhambatnya suplai oksigen kesel-sel tubuh.

Kedua adalah ketidaklancaran peredaran pembuluh limfe.

 

Pembuluh limfe bertugas membunuh bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh kita.  

Tidak seperti darah yang digerakkan oleh pompaan jantung, pembuluh limfe konon beredar lewat pernafasan dan gerakan tubuh yang bersifat khusus.

 

Nah, kedua hal tersebut yaitu : suplai oksigen dan peredaran pembuluh limfe hanya dapat dimungkinkan secara sempurna lewat dua hal  :

berolah raga dan mengolah nafas.  

 

Kehidupan modern yang serba sibuk dan menyita waktu membuat olah raga menjadi kebutuhan mahal buat kita. Sedangkan melatih pernafasan, mungkin karena begitu mudah dan gratis, menjadi hal yang diragukan lalu cenderung terlalu diremehkan.

 

Padahal olah-nafas adalah senjata pamungkas yang begitu praktis, tidak membutuhkan tempat dan alat khusus, sekaligus berdampak luar biasa. Selain perannya dalam peredaran dan penyerapan oksigen, serta mengaktifkan peredaran pembunuh limfe dalam mengangkut, dan membuang sampah, racun  serta bibit penyakit dalam tubuh hingga 10 kali lipat !! Belum lagi peranannya dalam mengaktifkan enzim Kartisol yang berperan dalam meredakan stress dan enzim Serotonin yang berperan mirip dengan obat penenang. Dahsyat !

 

Pemakaian istilah olah-nafas, tidak mengacu kepada praktek senam pernafasan yang rumit dengan gerakan-gerakan khusus yang memerlukan waktu untuk  dipelajari. Tentu saja itu semua sangat baik. Hanya saja olah nafas yang kumaksud amat sangat sederhana dibandingkan semua itu.

 

Tarik nafas 2 hitungan, tahan 4 hitungan, lepaskan 1 hitungan.

Atau, tarik 4 hitungan, tahan 8 hitungan, lepaskan 2 hitungan.

Lakukan 10 sampai 30 kali. Sehari 3 kali.

Mengenai posisi, sangat mudah.

Kita dapat melakukannya sambil berbaring dengan kedua tangan disisi kanan dan kiri,

atau dengan posisi duduk tnpa bersandar, dengan posisi tangan diatas paha.

 

Simple khan ? Memang. Namun cobalah melakukannya dengan sungguh-sungguhselama 20 menit, , maka tubuh kita akan segera basah kuyub oleh keringat, dengan tanpa menggerakan ujung jari sekalipun !

 

Ok, sekarang begini. Lupakan teori-teori diatas, lalu mulailah mempraktekkannya. Sakit apapun. Dari pusing ringan sampai migrain dan vertigo. Dari sekedar susah tidur, stress, sampai insomnia. Lalu masuk angin, asma, diare, alergi, hipertensi, batuk, flu dsb.

Jangankan untuk penyakit-penyakit tersebut,  dalam kasus Titiek Puspa yang sempat mengidap kanker pun, sangat direkomendasikan untuk melakukan praktek olah nafas diatas.

 

Oh iya, sebelum lupa, ada lagi yang merupakan efek samping dari olah-nafas tersebut. Membangkitkan inner dan outer beauty !

 

Hahahaha..

 

Anda bebas untuk percaya atau tidak. Tetapi yang jelas dan ilmiah, setiap hari tubuh kita memperbaharui sel-selnya. Membuang yang lama dan menggantinya dengan sel-sel baru. Sementara, proses itu memerlukan oksigen sebagai bahan utama.  Selain itu pikiran yang lebih tenang dan damai jelas membuat aura bersinar.

 

Selamat mencoba J (*)

 

Sadur from Made Teddy Artiana

No comments:

Post a Comment